Pemerintah Bakal Luncurkan Lagi Paket Kebijakan Soal Investasi

Solid Gold Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution memastikan, dalam tiga pekan ke depan pemerintah akan menerbitkan paket kebijakan ekonomi jilid XVI.

Hal tersebut diungkapkannya di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (19/7/2017). Sepanjang pemerintahan kabinet kerja di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK), pemerintah telah menerbitkan 15 paket kebijakan ekonomi.

“Paket 16 mudahmudahan bisa diterbitin 3 minggu dari sekarang,” kata Darmin.

Darmin menjelaskan, Paket Kebijakan Ekonomi Jilid XVI ini nantinya akan berkaitan dengan investasi di Indonesia. Sebagai lanjutan dari berbagai kebijakan yang sudah diluncurkan sebelumnya.

“Mudahmudahan kita bisa rombak besarbesaran agar investasi bisa jalan sesuai yang kita mau,” ungkap dia.

Hanya saja, Mantan Dirjen Pajak ini masih enggan membeberkan lebih detail terkait isi dari Paket Kebijakan Ekonomi Jilid ke XVI ini.

Ketika dikonfirmasi kembali, Darmin hanya memastikan bahwa Paket Kebijakan Ekonomi Jilid XVI terbit dalam tiga pekan ke depan.

“Oh itu rahasia, nanti aja 3 minggu lagi, ” tutup dia.

Diketahui, terakhir kali pemerintahan kabinet kerja menerbitkan paket kebijakan ekonomi jilid XV pada 15 Juni 2017. Paket tersebut untuk memperbaiki sistem logistik nasional sekaligus mempercepat pengembangan usaha dan daya saing penyedia jasa logistik nasional.

Lalu, meningkatkan peran dan skala usaha, dan kemudahan berusaha serta pengurangan beban biaya bagi usaha penyedia jasa logistik nasional.

Kemudian, penguatan kelembagaan dan kewenangan Indonesia National Single Window (INSW), serta penyederhanaan tata niaga.