Hasil Piala Eropa 2016 Terbaru: Republik Ceko vs Kroasia 2-2, Penalti di Ujung Laga

Sempat unggul dua gol lebih dahulu oleh Ivan Perisic dan Ivan Rakitic, Vatreni harus puas dengan satu angka semata pada Jumat, 17 Juni 2016. Skor Croatia vs Czech Republic berubah sama kuat setelah gol telat Milan Skoda dan penalti kontroversial Tomas Necid semenit jelang bubaran.
Kroasia tak bisa mengelak dari hasil Euro 2016 hari ini yang tak bisa mengerek mereka ke puncak klasemen Grup D. Namun, partai di Stade Geoffroy-Guichard (Saint-tienne) bukan cuma menunjukkan ampuhnya semangat tempur Republik Ceko. Tetapi juga bagaimana amukan suporter Kroasia yang melemparkan flare ke lapangan ketika tim mereka mulai terdesak.

Kroasia menjalani hari luar biasa di awal pertandingan. Vatreni unggul telak dalam penguasaan bola dibandingkan lawan mereka. Juga jumlah tembakan. Namun tidak mudah membobol gawang Ceko yang memiliki Petr Cech. Hal itu baru terjadi di menit 37. Milan Badelj memberikan assist untuk Ivan Perisic. Si Nomor 4, dengan tembakan kaki kirinya menaklukkan Cech. Sebuah gol yang pantas setelah beberapa peluang matang terhambur.
Paruh kedua berjalan 14 menit, Kroasia memperlebar jarak. Kali ini Marcelo Brozovic mengirimkan umpan jitu yang diambil oleh Ivan Rakitic. Sang gelandang Barcelona menchip bola untuk mengerjai Cech sepenuhnya. Seakan tidak ada yang bisa menghalangi Vatreni meraih tiga poin. Namun, kemudian Luka Modric cedera di menit 62, dan Kroasia menjadi tim yang berbeda tanpa sang pemain kunci.

14 menit jelang bubaran, Republik Ceko mendapatkan satu gol hiburan. Umpan silang Tomas Rosicky diselesaikan oleh tandukan Martin Skoda. Ceko mulai menyala, sementara situasi di lapangan mendadak tidak terkendali. 10 flare terlontar ketika para pemain masih bertarung. Laga sempat dihentikan.
Ketika perasaan para punggawa Kroasia sudah sangat berbeda, Ceko menyergap. Menit 89, terjadi penalti kontroversial. Wasit Mark Clattenburg menghukum pasukan Ante Cacic setelah Domagoj Vida dianggap menyentuh bola dengan sengaja di kotak terlarang. Sesuatu yang layak diperdebatkan.

Namun, Republik Ceko jelas tidak butuh debat. Mereka membutuhkan satu angka dan mendapatkannya via eksekusi Tomas Necid yang baru masuk tiga menit. Satu poin didapatkan oleh Ceko, dan kans mereka ke 16 besar belum pupus. Masih ada laga terakhir kontra Turki.
REPUBLIK CEKO (4-1-4-1): Cech; Libersky, Sivok, Hubnik, Kaderabek; Plasil (Necid 86); Darida, Krejl, Skalak (Sural 67), Rosicky; Lafata (Skoda 67)
KROASIA (4-2-3-1): Subasic; Strinic, Vida, Corluka, Srna; Badelj, Modric (Kovacic 62); Brozovic , Rakitic (Schildenfeld 90) Perisic; Mandzukic
Gol: Martin Skoda 75, Tomas Necid 89 penalti/ Ivan Perisic 37, Ivan Rakitic 59

barberspointaviationmuseum.com www hokiselalu com Sumber: Sidomi